Rabu, 04 Januari 2012

Ashdown Maniraptoran

Dinosaurus Terkecil: Fosil 'Ashdown Maniraptoran' set rekor dunia

 
Bexhill, East Sussex, Inggris - Dave Brockhurst, 51, seorang kolektor fosil paruh waktu telah menggali tulang dari "Ashdown Maniraptoran," sebuah fosil dari dinosaurus, burung kecil seperti di brickworks di Sussex, paleontolog dari University of Portsmouth mengatakan makhluk itu mungkin berukuran antara 13 inci (33 cm) dan 16 inci (40 cm) panjang - sebuah rekor dunia baru untuk Dinosaurus Terkecil.

  
Foto: 


Para ilmuwan mengatakan Dinosaurus Terkecil di Dunia telah menjelajahi Inggris lebih dari 250 juta tahun yang lalu. Dinosaurus Terkecil di Dunia sebelumnya  berasal dari Amerika Utara yakni Hesperonychus Elizabethae, predator seperti velociraptor dengan cakar melengkung parah di jarinya. Ini diperkirakan berukuran sekitar satu kaki dan setengah meter (50 cm) dan berat 4 pon (2 kilogram).

  
Ashdown Maniraptoran menerima rekor
dunia dari Guinness untuk koleksi per November 2004. Acara ini diadakan di Museum Heyuan, Provinsi Guangdong, Cina.

  
Guinness World Records juga diakui jejak dinosaurus terkecil yang ditemukan dengan ukuran hanya 1,78 cm dari tumit ke ujung III digit. ditemukan di Isle of Skye, Highland, Inggris oleh Dr Neil Clark (Inggris) Museum Hunterian dari Universitas Glasgow, Inggris.

  
Penemuan itu dilakukan oleh pemburu fosil amatir Dave Brockhurst,, 51 yang menyimpannya di laci di rumahnya selama dua tahun sebelum dapat berhubungan dengan ahli paleontologi.

 
"Aku tahu ada sesuatu  hal yang berbeda tetapi aku tidak tahu apa," kata Brockhurst The Argus Sussex.

  
"Ini berbaring di laciku untuk sementara waktu karena aku tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan hal itu," tambahnya. "Lalu aku akhirnya di-email Dr Steve Sweetman."

  Fosil i
tu diidentifikasi dari tulang leher tunggal oleh Darren Naish dan Steve Sweetman di University of Portsmouth.

  
Dr Naish mengatakan: "Fosil itu mungkin berasal dari hewan omnivora, makan binatang kecil, termasuk serangga, serta daun dan buah."

  
Para ilmuwan mengatakan makhluk prasejarah kecil telah berkeliaran di Inggris selama era Mesoziac yang dimulai kira-kira 250 juta tahun lalu.

  
Menggambarkan temuan dalam edisi terbaru Penelitian Kapur, ahli paleontologi dari Universitas Portsmouth mengatakan hewan itu mungkin berukuran antara 33 cm dan 40 cm panjangnya, dan yang paling mungkin merupakan jenis karnivora yang selamat pada diet hewan kecil, seperti serangga, daun dan buah.

  
Dr Darren Naish, dan Dr Steve Sweetman dianalisis vertebra menyimpulkan itu adalah spesies yang belum ditemukan - dinosaurus berbulu yang berjalan dengan dua kaki dan berasal dari era Mesozoikum, yang dimulai sekitar 250 juta tahun lalu.

 
"Ini adalah sebuah penemuan menarik karena merupakan dinosaurus terkecil yang kita belum temukan dalam catatan fosil Eropa," kata Sweetman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar